Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

Board Game, mungkin istilah ini agak terdengar asing bagi kita orang Indonesia. Tapi bagaimana kalo saya menyebutkan catur, monopoli atau ulartangga? Yap, itu adalah contoh permainan board game yang kita kenal. Artikel ini akan membahas tentang apa itu board game, mulai dari sejarah, manfaat hingga jenis board game yang populer di dunia. Yuk meluncur!

Mengenal Board Game, Card Game dan Tabletop Game

Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

Sebelum kita membahas tentang jenis board game yang ada di dunia, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu board game. Namun jika kita mencari tau tentang istilah yang satu ini, pasti kita menemukan dua istilah lainnya yang kerap dikaitkan, yaitu Tabletop Game dan Card Game. Apa perbedaannya?

Secara harfiah, jika kita mengartikan masing-masing istilah permainan tersebut, maka berarti board game = permainan papan, card game = permainan kartu dan tabletop game = permainan di atas meja. Lantas, apa hubungannya? Mengapa ketiga istilah tersebut saling terkait?

Pada umumnya, tabletop game adalah semua permainan yang dimainkan di atas meja, atau membutuhkan meja untuk memainkannya. Mau itu board game atau pun card game, selama membutuhkan meja, maka semuanya akan disebut tabletop game.

Jadi, board game dan card game itu sebenarnya adalah bagian dari tabletop game. Hanya saja dalam memainkannya, board game membutuhkan papan sebagai komponen utama. Sementara card game menggunakan kartu. Namun kadang ada juga yang merupakan kombinasi dari keduanya.

Sejarah Board Game

Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

Segala sesuatu tentu ada awal mula nya bukan? Begitu pula dengan board game, jenis permainan yang satu ini juga memiliki sejarah dalam perjalanannya. Bukan cuma itu, board game bahkan bisa dibilang sebagai jenis permainan tertua yang ditemukan dalam peradaban umat manusia.

Disebut sebagai permainan tertua dalam peradaban umat manusia bukanlah tanpa alasan. Banyak beberapa situs makam dan artefak peninggalan mesir kuno maupun romawi kuno yang menunjukan keterkaitan tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan board game ini sudah eksis sejak lama.

Beberapa Jenis Board Game Yang Diyakini Sudah Ada Sejak Jaman Kuno

Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

  1. Senet – Mesir Kuno (3100SM)
  2. Backgammon – Persia (3000SM)
  3. 49 Boar Game Token – Turki (2900SM)
  4. The Royal Game of Ur – Mesopotamia (2600SM)
  5. Go – Jepang (2500SM)
  6. Mancala – Mesir Kuno (1000SM)
  7. Latrunculi – Romawi Kuno
  8. Patolli – Aztec
  9. Mehen – Mesir Kuno
  10. Petteia – Yunani Kuno

Jenis Board Game Yang Populer

Terlepas dari panjangnya sejarah yang dilalui permainan board game itu sendiri, di jaman modern ini kita mengenal beberapa jenis board game yang eksis. Jika dikelompokan berdasarkan kategorinya, jenis board game terpopuler di dunia ini ada 6 kategori.

Iklan : Situs judi online terpercaya

Apa saja 6 jenis board game terpopuler di dunia saat ini? Berikut adalah daftarnya:

Classic Board Game

Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

Gameplay yang simpel dan mengandalkan keberuntungan sehingga pemain tidak perlu berpikir terlalu keras. Salah satu contoh dari jenis board game ini adalah ular tangga.

Euro-Styles Games

Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

Biasanya objektif dari jenis board game ini adalah victory point. Setiap pemain diharuskan untuk memanajemen sumber daya alam. Salah satu contohnya adalah Carcassone.

Deck-Building Games

Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

Deck Building Games memiliki konsep permainan dengan 15-20 tipe deck kartu, namun tiap pemain hanya 10 yang bisa dimainkan. Dibutuhkan strategi khusus dalam memainkan deck-building games. Contohnya adalah Dominion.

Abstract Strategy Games

Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

Tidak menggunakan poin, namun pemainnya dituntut untuk menempatkan bidak-bidak. Kemenangan tergantung pada bagaimana strategi tiap pemain dalam menempatkan bidaknya. Game jenis ini contohnya adalah catur.

Strategy Games

Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

Hampir sama seperti Euro-Style, hanya saja dalam level yang lebih tinggi. Strategy Games juga biasanya memiliki narasi. Pemain dituntut untuk berpikir bagaimana caranya memimpin permainan, membentuk pasukan dan membaca motif dan gerakan lawan main. Contoh board game yang memiliki genre ini adalah Risk.

Card-Based Strategy Games

Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

Tidak jauh berbeda dengan Strategy Games, hanya saja Card-Based Strategy ini menggunakan kartu sebagai elemen utama nya.

Manfaat Bermain Board Game

Jenis Board Game, Sejarah dan Manfaatnya

Komunikasi

Tidak seperti game konsol, board game akan menuntut para pemainnya untuk berkomunikasi satu sama lain dalam memainkan game. Ini tentu membuat komunikasi kita semakin lancar dan berguna untuk bersosialisasi.

Ketelitian

Setiap langkah yang diambil dalam bermain board game akan membawa efek tertentu. Ketelitian akan menjadi hal penting dalam board game. Hasilnya, ketelitian kita akan lebih terasah dengan memainkan board game.

Perencanaan

Kebanyakan permainan board game menuntut para pemain untuk berstrategi. Ini sangat berguna bagi kita untuk melatih insting dan kemampuan dalam perencanaan.

Kesabaran

Ketika kita melihat peluang untuk mengalahkan lawan, namun kita masih harus menunggu giliran kita jalan. Saat itulah kesabaran kita diuji dalam bermain boardgame.

Sportivitas

Menerima kondisi kekalahan dengan menganggap bagaimanapun ini semua hanyalah game. Saat itulah nilai-nilai sportivitas dalam diri kita akan terlatih. Sangat berguna dalam menjalani kompetisi kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *